Berita Terbaru

Trend Minggu Ini

Advertisement

Laptop Dell Masuk Kokpit Airbus A320

Dell, produsen laptop dari Amerika Serikat, bekerja sama dengan pabrikan pesawat Airbus dari Perancis dalam memasok perangkat Electronic Flight Bag (EFB) ke dalam kokpit pesawat Airbus A320.

Dikutip dari engadget.com, Airbus telah memberikan sertifikasi kepada Dell OEM Solutions untuk produk laptop Dell Lattitude sebagai  EFB kelas 2. EFB berisi software dan informasi data-data penerbangan yang dibutuhkan pesawat dan awaknya. Kelas 2 di sini berarti perangkat EFB tersebut bisa dilepas pasang dengan docking yang telah lolos sertifikasi.

Dengan kerja sama ini, kini keluarga Airbus A320 akan memiliki solusi EFB yang ditanamkan dalam laptop Dell latitude. Solusi tersebut juga akan dilengkapi dengan software FlySmart dari Dell dan software khusus dari Airbus. Dengan EFB, dokumentasi dalam pesawat tidak membutuhkan kertas lagi, semua dokumen telah di-digital-kan.

"Airbus berkomitmen membantu maskapai dalam meningkatkan profit dengan bekerja sama dengan para ahli, seperti Dell OEM untuk memberikan solusi terbaik," ujar Didier Lux, Executive Vice President of Customer Services Airbus. Didier juga menegaskan bahwa dengan solusi EFB, pilot akan diuntungkan dengan bantuan teknologi portabel untuk melihat dan berinteraksi dengan dokumen dan informasi dalam semua tahap penerbangan. Solusi EFB dari Dell ini disebut juga bisa meningkatkan efisiensi kerja.

Sementara menurut Joyce Mullen, Vice President and General Manager OEM Solutions Dell, kerja sama dengan Airbus menegaskan komitmen perusahaan di industri aviasi, sekaligus memperkuat efisiensi dalam segi supply chain di seluruh dunia.

Selain laptop, perangkat tablet PC juga mulai banyak digunakan sebagai solusi EFB di maskapai-maskapai besar seperti United Airlines dan American Airlines. Saat ini baru tablet PC Apple iPad yang mendapatkan sertifikasi FAA (Federal Aviation Administration) untuk digunakan sebagai EFB.

Sumber : Chip.co.id

Post Comment