Berita Terbaru

Trend Minggu Ini

Advertisement

Kualitas sperma turun 38 persen, apa penyebabnya?

Para ilmuwan menemukan bahwa kualitas sperma telah menurun hingga 38 persen dalam satu dekade terakhir. Hal ini disebabkan pola makan dan gaya hidup tidak sehat.

Penelitian terbaru yang dilakukan di Spanyol menunjukkan bahwa pria muda mengalami penurunan konsentrasi sperma rata-rata dua persen per tahun. Penelitian yang dilaksanakan selama 10 tahun ini melibatkan lebih dari 200 pria. Tercatat peserta studi mengalami penurunan konsentrasi rata-rata 72 juta/ml spermatozoid pada tahun 2001 dan 52 juta/ml pada tahun 2011.

"Jika rata-rata penurunan kualitas sperma dua persen per tahun terus berlanjut. Penurunan sperma pria muda bisa mencapai tingkat bahaya 40 juta/ml dalam waktu yang sangat singkat," kata peneliti utama, Profesor Jaime Mendiola, seperti dilansir Daily Mail (19/1).

Jaime juga menambahkan bahwa tindakan pencegahan yang melibatkan beberapa perbaikan gaya hidup, seperti diet sehat, dapat meningkatkan kualitas sperma. Meski kualitas sperma telah banyak menurun, tidak berarti jumlah pria yang mengalami ketidaksuburan meningkat.

Merdeka.com

Post Comment

Tidak ada komentar:

Berikan Tanggapan Anda